1

Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Dosen UNM Latih Pakkiti Memanfaatkan Alat Penetas Telur Berbasis Android

Admin
Sabtu, 28 September 2024, 9/28/2024 WIB Last Updated 2024-10-04T16:42:22Z


Sidrap - Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM), yakni Ir. Labusab, S.Pd., M.T sebagai Ketua Tim, Ir. Ismail Aqsha, M.Pd., dan Andi Baso Kaswar, S.Pd., M.Pd sebagai anggota tim memberikan penyuluhan/pelatihan pemanfaatan alat penetas telur berbasis android untuk meningkatkan pengetahuan dan skill kelompok peternak itik (PAKKITI) dalam meningkatkan hasil produksi ternak itik secara modern. Ketigannya dari dosen Fakultas Teknik UNM merupakan tim pengabdi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNM. Kegiatan penyuluhan/pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 12-13 Agustus 2024 bekerjasama dengan kelompok peternak itik (PAKKITI) yang berlokasi di desa maddenra kecamatan kulo kabupaten sidrap.


Ketua pengabdi UNM, Labusab menjelaskan bahwa “alat penetas telur berbasis android ini memiliki beberapa keunggulan yang dapat mempermudah proses penetasan telur dan meningkatkan efisiensi. Adapun keunggulan dari alat penetas telur berbasis android ini seperti; kontrol melalui smartphone, Automatisasi suhu dan kelembapan, monitoring jarak jauh, kemudahan pengaturan, serta Efisiensi energi”. Sejalan dengan itu, Ismail Aqsha mengungkapkan bahwa “penggunaan dan pemanfaatan alat penetas telur berbasis android di dasarkan pada perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat peternak modern, jadi kita sebagai akademisi dalam bidang teknologi harus beradaptasi dan melakukan inovasi-inovasi teknologi sesuai kebutuhan masyarakat”. Lanjut Baso Kaswar mengungkapkan bahwa “Pemanfaatan alat penetas telur berbasis android ini dapat meningkatkan hasil penetasan telur itik dalam jumlah besar, sehingga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi peternak itik di kabupaten sidrap”.


Salah satu peserta yang hadir, Mannaki mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. “Kegiatan ini sangat membantu terlebih lagi dalam hal proses penetasan telur itik secara efisien. Dengan pelaksanaan penyuluhan/pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas penetasan telur bagi kelompok peternak itik, khusunya kelompok peternak itik (PAKKITI) di kecamatan kulo kabupaten sidrap“.

iklon

Iklan

iklan

iklan