1

Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Forum Kabarin Sumba Barat Daya NTT Bersama AGBA-PGRI Gelar Sedaring tentang Pengajaran Bahasa Asing

Sabtu, 28 September 2024, 9/28/2024 WIB Last Updated 2024-09-28T04:50:01Z

Penulis: Abdul Wahab Dai, S.S.

(Humas AGBA-PGRI)


KUPANG-Bekerja sama dengan Asosiasi Guru Bahasa Asing Persatuan Guru Republik Indonesia (AGBA-PGRI), Forum Kabarin (Komunitas Belajar Daring) Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menggelar sedaring atau seminar daring (webinar) bertema "Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pengajaran Bahasa Asing". Ketua Kombel Kabarin SBD NTT sendiri adalah Amirullah Abubakar, S.Pd. Gr.


Dalam dunia pendidikan nasional Indonesia terdapat dua mata pelajaran bahasa asing yang berbeda makna secara nomenklatur yakni mata pelajaran Bahasa Inggris dan mata pelajarah Bahasa Asing atau Bahasa Asing Lainnya.



Walau yang dimaksud Bahasa Asing adalah bahasa asing non-Inggris yang diajarkan saat ini di sekolah-sekolah dan madrasah-madrasah di seluruh Indonesia yakni bahasa Prancis, bahasa Jerman, bahasa Arab, bahasa Jepang, bahasa Korea, dan bahasa Mandarin, bahasa Inggris tetap disebut sebagai mata pelajaran Bahasa Inggris dan "bukan" Bahasa Asing, meskipun bahasa Inggris adalah sebuah bahasa asing.


Bahkan di Kurikulum 2013 dahulu pernah disebut mata pelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya. Sebagai Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS), AGBA-PGRI tetap eksis hingga kini sejak dirintis.



Sementara itu AGBA menghimpun guru-guru mata pekajaran Bahasa Asing Prancis, Jerman, Arab, Jepang, Korea, dan Mandarin di sekolah-sekolah dan madrasah-madrasah menengah di Indonesia baik ASN maupun non-ASN.


Mereka berorganisasi dalam upaya meningkatkan kapasitas mereka dan menjaga eksistensi mata pelajaran Bahasa Asing (Non-Inggris) di Indonesia.


Sedaring ini akan membahas bagaimana menerapkan pembelajaran berbasis proyek yang sesuai dengan kemampuan peserta didik dalam pengajaran bahasa asing. "Nanti kegiatan ini akan kami promosikan di PMM Kombel Kabarin," ujar Amirullah Abubakar.



Tampil sebagai narasumber seorang guru mapel Bahasa Jerman Emy Widiarti, M.Pd. (Widyaiswara Balai Guru Penggerak/BGP Banten), yang rencananya didahului Pidato Pembukaan oleh Ketua Umum PGRI Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd., dengan moderator Sumaryati, M., S.Pd., M.M. (Guru Bahasa Jepang SMA Dua Mei Tangerang Selatan yang juga Sekretaris AGBA-PGRI).


Sedaring ini akan berlangsung pada hari Sabtu, 5 Oktober 2024 pukul 19.00 -- 21.00 WIB dengan Ketua Panitia Eny Widyaningsih, S.Pd. (Guru Bahasa Jerman).



Saat ini Asosiasi Guru Bahasa Asing PGRI sendiri diketuai oleh Kiki Niediawan, S.S. dari unsur guru Bahasa Jepang. AGBA PGRI sendiri dikukuhkan pertama kali pada tahun 2018 pasca dirintis pada tahun 2016.


Berikut susunan kepengurusan AGBA-PGRI:


Ketua: Kiki Niediawan, S.S. (Guru Bahasa Jepang)

Sekretaris: Sumaryati. M., S.Pd., M.M. (Guru Bahasa Jepang).

Bendahara: Zurrotun Nada, S.Pd., (Guru Bahasa Jepang).

Bidang IT : 

Achmad Zaini, S. P.d. (Guru Bahasa Korea) dan Fuan Rianto, S.Pd. (Guru Bahasa Jepang).

Kordinator Guru: 

Indonesia Timur: Eny Widyaningsih, S. Pd. (Guru Bahasa Jerman).

Indonesia Barat: Novita Sari, S.S. (Guru Bahasa Jepang)

Humas: Abdul Wahab Dai, S.S. (Guru Bahasa Prancis).


Sumber Gambar: Panitia Pelaksana

iklon

Iklan

iklan

iklan