1

Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Kapolsek AKP Candra Said Wakili Kapolres Wajo Hadiri Pesta Nelayan Danau Tempe

Admin
Minggu, 13 Oktober 2024, 10/13/2024 WIB Last Updated 2024-10-13T08:42:32Z


WAJO - Kapolsek Tempe AKP Candra Said Nur hadiri pesta Nelayan Danau Tempe. Minggu (13/10/2024).


Pesta Nelayan adalah upacara adat para nelayan pesisir Danau Tempe di Baru Orai kel. Laelo, Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo, sebagai wujud rasa syukur atas rezeki hasil tangkapan Ikan.


Pelaksanaan Pesta Nelayan Danau Tempe tersebut di buka oleh PJ. Bupati Wajo Andi Batara lipu dan turut hadir Kapolres Wajo diwakili oleh Kapolsek Tempe AKP Candra Said Niur, Sekretaris Daerah kab. Wajo Armayani, Kadis Pendidikan H. Alamsyah, Kepala Kesbangpol Soni Paisal, Kepala Bappeda, pimpinan BUMN dan BUMD, Lurah Laelo Kec. Tempe dan tokoh masyarakat Kel. Laelo Kec. Tempe,.


Adapun digelarnya kegiatan ini adalah pesta Nelayan Danau, berdasar agenda pesta rakyat Kec Tempe, dalam rangka memperingati kesyukuran warga Nelayan yang mendapatkan hasil ikan yang berlimpah dan Pesta Nelayan dilaksanakan dari turun-temurung.



Kegiatan tersebut dirangkaikan balap perahu, yang start di alur sungai danau tempe tepatnya dijembatan timbang Jalan 45 Sengkang kemudian finis di alur sungai Jalan Udang Sengkang.


Kapolres AKBP Muhammad Rosid Ridho melalui Kapolsek Tempe AKP Candra Said Nur mengungkapkan bahwa pesta nelayan merupakan acara tahunan dimana dilakukan , para nelayan di pesisir Danau Tempe, sehingga kegiatan ini harus bisa dilestarikan terus, ujarnya.


Terpantau, antusias masyarakat mengikuti acara pesta rakyat dan menyaksikan lomba balap perahu yang sangat meriah, bersama sama dengan semangat gotong royong masyarakat terus berupaya agar tradisi ini tetap lestari.


Dalam prosesi acara tersebut tampak puluhan perahu ratusan masyarakat berkumpul dan bersiap di TPI 45.


Pengamanan dilokasi kegiatan pesta Nelayan maupun pengamanan jalur menuju lokasi kegiatan dilaksanakan dari TNI-Polri dan SatPol PP berlansung aman lancar dan kondusif.

iklon

Iklan

iklan

iklan